Jumat, 19 Juli 2013

Lebih Baik Tidur Dalam Gelap





Kebanyakan anak-anak akan merasa takut jika saat tidur lampu dikamarnya dipadamkan. Sayangnya, banyak orang tua yang dengan ikhlas menuruti permintaan anaknya untuk tidur dengan lampu tetap menyala. Alasannya sangat sederhana, tidak apa-apa lampu menyala yang penting anak berani tidur sendiri. Dan biasanya kebiasaan ini akan terbawa terus sampai si anak dewasa. Bukan karena rasa takut lagi, tetapi lebih karena masalah kebiasaan dan ini susah untuk diubah.

Namun tidak ada salahnya jika mulai sekarang  kita belajar membiasakan diri untuk tidur dengan kondisi lampu padam atau tidur dalam gelap. Mengapa? Karena menurut penelitian para ahli, saat malam tubuh kita akan menghasilkan hormon melatonin pada kondisi gelap. Bahkan  setitik cahaya saja dapat merusak produksi melatonin tersebut. Hormon melatonin adalah hormon yang dalam sistem kekebalan mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit termasuk kanker payudara dan prostat.

Selain itu, tidur dalam keadaan gelap akan membantu aktivitas tidur lebih cepat terlelap. Karena sekeliling gelap, jadi mau tidak mau mata kita akan terpejam. Inilah yang mempercepat proses tidur kita.  Dan yang tidak kalah penting adalah penghematan energi listrik. Coba bayangkan jika dalam satu rumah terdapat minimal 2 kamar tidur. Berapa banyak energi listrik yang dapat dihemat dalam satu kota, propinsi dan negara setiap malamnya?

Jadi, jangan ragu-ragu lagi untuk mematikan lampu saat kita tidur di malam hari. Sehat dan hemat itulah alasan utamanya.

Dimuat di Rubrik Gagasan, Koran Jawa Pos, 13 Desember 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar