Kamis, 21 Januari 2016

BUKU: Kuliah Jurusan Teknik Sipil







BUKU APA?
Buku ini adalah salah satu buku dari seri “Kuliah Jurusan Apa?” yang diterbitkan oleh penerbit Gramedia Pustaka Utama.
Target pembaca yang ingin disentuh adalah para siswa SMP/SMA dan para orang tua yang ingin mengetahui lebih banyak tentang jurusan Teknik Sipil di perguruan tinga dan kesempatan kerjanya.

Setelah membaca buku ini diharapkan para siswa akan lebih mantap menjadikan jurusan Teknik Sipil sebagai jurusan yang akan dipilih di perguruan tinggi.
Sedangkan bagi orang tua, akan semakin mendukung langkah putra-putrinya dalam menggapai masa depan.


MENGAPA JURUSAN TEKNIK SIPIL?
Ya, jurusan teknik sipil adalah salah satu jurusan yang masih banyak peminatnya di perguruan tinggi. Tentu persaingan di setiap perguruan tinggi yang memiliki fakultas teknik jurusan teknik sipil akan menjadi sangat ketat. Baik sebelum maupun setelah diterima menjadi mahasiswa jurusan teknik.

Mengingat penulis adalah lulusan dari jurusan teknik sipil juga, maka diputuskan untuk membagikan pengalaman yang pernah penulis lihat, dengar dan rasakan kepada para pembaca. Menjadi hal yang sedikit lebih mudah bagi penulis untuk menceritakan, menjelaskan dan menuangkan pengalamannya dalam bentuk tulisan yang diharapkan bisa bermanfaat bagi pembaca.


APA ISINYA?
Buku ini membahas segala hal yang berkaitan dengan kuliah di jurusan teknik sipil secara lengkap.
Bahasan itu meliputi:

Daftar isi
Kata Pengantar
Bab 1       Mengenal Jurusan teknik Sipil
Bab 2       Persiapan Akademis
Bab 3       Persiapan Mental
Bab 4       Prospek Kerja
Bab5        Peluang Karier di Luar Negeri
Bab6        Tips dan Trik Menembus Jurusan Teknik Sipil
Bab7        Pertimbangan Memilih Perguruan Tinggi
Bab8        Daftar Jurusan Teknik Sipil di Perguruan Tinggi Negeri
Bab9        Sukses Menjadi Mahasiswa  Teknik Sipil
Bab10      Tokoh Dunia dengan Gelar Insinyur Teknik Sipil
Daftar Pustaka
Profil Penulis


DETAILNYA BAGAIMANA?
Selain menjelaskan bagaimana pentingnya ilmu teknik sipil dalam kehidupan sehari-hari bahkan dalam sebuah peradaban, buku ini juga menjelaskan perbedaan antara teknik sipil dan teknik arsitektur yang terkadang masih membingungkan perannya. Kemudian dijelaskan pula posisi teknik sipil di sebuah perguruan tinggi serta cabang-cabang ilmu teknik sipil yang bisa dipilih sebagai spesialisasi ilmu.

Ada juga bahasan tentang persiapan bagi calon mahasiswa teknik sipil. Ditambah dengan penjelasan mengenai mata kuliah-mata kuliah yang akan dipelajari di bangku kuliah jurusan teknik sipil secara mendetail.

Di bab 4 membeberkan tentang lapngan kerja, jenjang karir di sebuah perusahaan kontraktor serta lapangan kerja yang bisa diisi oleh lulusan teknik sipil baik laki-laki maupun perempuan. 
Sedangkan bab 5 khusus membahas tentang peluang lulusan teknik sipil untuk berkarir di luar negeri.

Tips dan trik  adalah kiat-kiat dalam belajar untuk mengikuti tes dan membandingkan daya tampung dan calon pendaftar pada tahun-tahun sebelumnya. Ada pula kiat-kiat sukses menjadi mahasiswa teknik sipil.


KURANG LENGKAP?
Selain penjelasan yang padat, di dalam buku ini juga dilengkapi dengan foto-foto dan data-data yang menunjang sebagai gambaran lengkap bagi pembaca.


SPESIFIKASI BUKU
Penerbit                    : Gramedia Pustaka Utama
Halaman                  : 98 halaman
Harga                        : Rp29.750,00

PROFIL PENULIS

Utari Giri adalah seorang penulis dengan latar belakang sarjana teknik sipil dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya. Sejak tahun 2011 hingga saat ini bermukim di Dubai, Uni Emirat Arab mengikuti tugas suaminya yang juga seorang sarjana teknik sipil. Penulis dapat dihubungi di email utarigiri@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar